Selasa, 07 Februari 2012

KINEMATIKA GERAK LURUS



KINEMATIKA GERAK LURUS
1.      Sebuah motor menempuh jarak 110 km dalam 2 jam. Kemudian berbalik arah menempuh jarak 40 km dalam 30 menit. Tentukan:
a.       Perpindahan
b.      Jarak
c.       Kecepatan
d.      Kelajuan
2.      Naruto mengelilingi lapangan 2.5 putaran dalam 110 sekon. Jika diameter 70 tentukan\:
a.       Kecepatan rata-rata
b.      Kelajuan rata-rata
3.      Kecepatan sebuah mobil bertambah dengan tetap dari 6 m/s menjadi 20 m/s sewaktu menempuh jarak 70 m. tentukan percepatan dan waktu tempuh mobil!
4.      Sebuah bola dilempar pada bidang datar dengan kecepatan awal 20m/s. Setelah bergerak 4 sekon kecepatannya menjadi 10 m/s. tentukan besar perlambatan bola:
5.      Dua titik P dan Q berjarak 96m. Seorang anak berlari dari P menuju Q dengan percepatan  4 m/s2. Dari Q seorang anak lain, pada saat yang bersamaan berlari ke arah P dengan percepatan 2 m/s2. Jika ke dua anak tersebut berlari tanpa kecepatan awal dan keduanya berpapasan di titik R. Tentukan jarak R dari P!
6.      Sebuah pesawat mendarat dengan kecepatan 360 km/jam. Pada saat roda menyentuh landasan, pilot mengerem pesawat sehingga memberikan perlambatan 10 m/s2. Tentukan panjang minimum landasan yang dibutuhkan pesawat!
7.      Dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan 72 km/jam, sebuah mobil mampu menempuh jarak 100 m. hal ini berarti mesin memberikan percepatan pada mobil sebesar!
8.      Sebuah benda mengikuti persamaan s = 4t2 + 10t + 20, s dalam meter dan t dalam detik. Tentukan:
a.       Percepatan yang dialami benda
b.      Kecepatan awal benda
c.       Jarak yang ditempuh setelah bergerak 2s
9.      Sebuah benda dilempar vertikal ke atas dai sebuah menara yang tingginya 75 m. jika g = 10 m/s2. Tentukan waktu yang diperlukan oleh benda untuk tiba di tanah:
10.  Bola A terletak pada ketinggian 60 m vertical di atas bola B. pada saat yang bersamaan A dilepas dan B dilempar vertical ke atas dengan kecepatan 20m/s. kedua bola akan bertemu pada saat ….. sekon.
11.  Posisi benda bergerak lurus dengan persamaan x =10 +5t + 2t2, x dalam meter dan t dalam sekon. Pernyataan yang benar adalah:
a.       Kecepatan saat t =3 adalah 17 m/s
b.      Percepatan 4 m/s2
12.  Titik materi memiliki koordinat x dan y yang nerubah terhadap waktu untuk persamaan:
x = (4 + 2t2) meter
y = (10 + 0.5t2) meter
dimana t dalam sekon. Besar kecepatan saat t = 2 sekon adalah ….
13.  Fungsi percepatan suatu roket dari keadaan diam adalah a = (3t + 5) m/s2, kecepatan benda saat t = 2s adalah …..
14.  Besar kecepatan suatu partikel yang mengalami perlambatan konstan ternyata berubah dari 30 m/s menjadi 15 m/s setelah menempuh jarak 75 m. Partikel tersebut akan berhenti setelah menempuh jarak lagi sejauh …..
15.  Pada suatu hari tanpa angin diadakan lomba lari 200 m sepanjang lintasan yang lurus. Pencatatan waktu dilakukan baik secara manual  (pada akhir lintasan)dengan menggunakan stopwatch yang ditekan begitu mendengar suara tembakan tanda start maupun secara elektronik yang lebih tepat (pada awal lintasan). Pencatat waktu elektronik menunjukkan 24 s untuk seorang peserta. Bila cepat rambat bunyi  300m/s. berapa waktu yang ditunjukkan oleh stopwatch?
16.  Sebuah mobil dengan kecepatan 36 km/jam di rem mendadak sehingga terbentuk bekas ban di jalan sepanjang 20 m. waktu pengereman yang dibutuhkan sampai mobil berhenti adalah!
17.  Buah kelapa dan buah mangga jatuh bersamaan pada ketinggian h1 dan h2. Bila h1:h2 adalah 2:1, maka perbandingan waktu jatuh antara buah kelapa dengan buah mangga adalah?
18.  Pada waktu bersamaan dua buah bola dilempar ke atas, masing-masing dengan kelajuan v1 = 10 m/s dan v2 = 20 m/s. Jarak antara kedua bola saat bola 1 mencapai titik tertinggi adalah?
19.  Seorang gadis bunuh diri dengan menjatuhkan diri dari gedung setinggi 45 m. satu detik setelah gadis mulai jatuh, dari tempat yang sama Superman menjatuhkan diri dengan kecepatan awal  Vo untuk mengejar gadis itu. Jika g = 10 m/s2. Dan percepatan Superman sama dengan percepatan gadis. Maka nilai minimal Vo untuk dapat menyelamatkan gadis itu adalah …..
20.  Dua buah mobil bergerak pada lintasan lurus dengan gerak yang saling berlawanan. Mobil pertama bergerak dari A dengan kecepatan 15 m/s, sedangkan mobil kedua begerak 2s kemudian dari B dengan kecepatan 25 m/s.kedua mobil bertemu setelah mobil kedua bergerak selama 7 sekon. Tentukan jatak AB.
21.  Sebuah mobil mula-mula diam. Kemudian mobil dihidupkan dan bergerak dengan percepatan tetap 2 m/s2. Setelah mobil bergerak selam 10 s mesinnya dimatikan, mobil mengalami perlambatan tetap dan mobil berhenti 10 s kemudian. Jarak yang masih ditempuh mobil mulai dari saat mesin di matikan sampai berhenti adalah ….
22.  Sebuah mobil bergerak pada lintasan dibawah ini:
Jarak AB 40 km ditempuh selama 0.5 jam, BC 30 km ditempuh selama 2 jam. Besar percepatan rata-rata mobile adalah ….


 





23.  Gerak suatu benda dinyatakan dalam posisi r = (2t2 – 4t + 8)I + (1.5t2 – 3t -6). Semua besaran dalam SI. Tentukan kelajuan setelah 2 s.
24.  Sebuah partikel bermuatan listrik mula- mula bergerak lurus dengan kecepatan 100 m/s. karena pengaruh gaya listrik, partikel mengalami percepatan dalam persamaan                 a = (2 - 10t) m/s2 (t adalah waktu lamanya gaya listrik bekerja). Kecepatan partikel setelah  gaya bekerja selama 4s adalah ….
25.  Sebuah mobil berada di puncak bukit dan meluncur ke lembah. Jika mobil meluncur dari keadaan diam, kecepatannya dilembah adalah 12 km/jam. Berapa kecepatan mobil dilembah jika kecepatan awalnya 5 km/jam!
26.  Sebuah kereta mendapat percepatan 2 m/s2 selama 10s dari keadaan diam. Lau diperlambat dengan perlambatan 4 m/s2 sampai berhenti. Hitung jarak total yang ditempuh kereta tersebut!
27.  Seseorang mengendarai mobil dengan kecepatan 72 km/jam. Tiba-tiba melihat seorang anak ditengah jalan pada jarak 48 m di depannya. Ia memerlukan waktu 0.36s untuk bereaksi menginjak remyang memberikan perlambatan 5 m/s2. Apakah anak itu tertabrak?
28.  Seorang pengendara motor  melalui tempat penyebrangan dengan kecepatan 15 m/s, padahal kecepatan yang diijinkan 10 m/s (36 km/jam). Polisi jalan raya yang sedang berjaga ditempat penyebrangan tersebut segera menjalankan mobilnya dengan percepatan tetap 3 m/s2.
a.       Kapan dan dimana pengendara tersebut ditangkap?
b.      Berapa kecepatan mobil patrol pada saat itu?
29.  Sule yang berada do atas gedung pada ketinggian 51.7 m menjatuhkan bola tepat diatas parto yang tingginya 170 cmyang bergerak menuju kaki gedung dengan kecepatan  tetap 1.4 m/s. supaya bola tepat mengenai kepala parto, berapa jauhkah parto dari kaki gedung tepat pada saat bola jatuh?
30.  Sebuah kelereng dilempar vertical ke bawah dengan kecepatan 20 m/s dari suatu ketinggian 25 m. tentukan kecepatan kelereng  saat menyentuh tanah dan tentuka juga selang waktunya. (g=10 m/s2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar